Rangkaian Prosesi Tawur Kesanga 1940 di Candi Prambanan


Perayaan Tawur Kesanga dalam rangkaian hari raya Nyepi 1940, sudah menjadi agenda tahunan bagi umat Hindu, yang dilaksanakan di Candi Prambanan, Klaten tepatnya di pelataran Wisnu Mandala. Acara yang sudah menjadi agenda tahunan tersebut juga dihadiri oleh Bapak Menteri Agama, dan para pejabat yang berada di lingkungan pemerintah, maupun daerah. Sekitar 5000 umat Hindu datang dari berbagai daerah untuk mengikuti ritual yang ada di Candi Prambanan, Klaten. Acara Tawur Kasaka sendiri di laksanakan pada tanggal 16 Maret 2018. Bapak Menteri yang menghadiri acara tersebut juga memeberikan sambutan dan menyampaikan tentang pentingnya persatuan umat dan toleransi.

Tawur sendiri dalam bahasa jawa memiliki arti Saur atau melunasi dalam Bahasa Indonesia. Sehingga upacara Tawur Kasanga sendiri memiliki makna tanda syukur kepada Tuhan atas apa yang telah diberikan, sehingga umat manusia harus membalasnya (nyaur) dengan penuh khidman melalui upacara agama.

Peringatan tersebut dilaksanakan sehari sebelum Hari Raya Nyepi, dengan di laksanakan nya Tawur Kasanga, para umat serta merta memohon doa kepada Hyang Widhi Wasa dan Tuhan Yang Maha Esa, agar seluruh umat manusia serta alam semesta beserta isinya diberikan ketentraman, kesejahteraan, kesehatan dan kedamaian bagi seluruh umat. Dalam pelaksanaan kegiatan Tawur Kesanga, kepanitian setiap tahunnya bergantian antara kepanitiaan Klaten dan Yogyakarta.




































foto: muhammad harits fadhli

0 comments:

Post a Comment